Mahasiswa Politeknik Gajah Tunggal Turut Serta Dalam Asia Nanotech Camp 2013

DSC_0400Pada bulan Oktober 2013 kampus Politeknik Gajah Tunggal mendapatkan undangan dari Prof. David Mendels agar mengirimkan dua mahasiswanya untuk mengikuti Asia Nanotech Camp 2013 yang akan diadakan pada tanggal 04 Oktober sampai 11 Oktober 2013. Dua mahasiswa Politeknik Gajah Tunggal yakni Haposan Yoga Pradika Napitupulu mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika Semester V dan Redo Pariansah mahasiswa Teknik Elektronika Semester III mengikuti kegiatan tingkat Asia ini.
Asia Nanotech Camp merupakan tempat di mana para pemimpin nanotech bertemu dan kegiatan ini diadakan di Negara yang berbeda setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa pemimpin nanotechnology muda di Asia Pasific, menyediakan kesempatan pendidikan yang unik untuk Peneliti muda di Asia tentang SOTA (state-of-the-art) Nanotech di setiap Negara anggota, memberikan wadah untuk menyampaikan aspirasi peneliti muda untuk menginspirasi dan mengkomunikasikannya dengan anggota lain.

DSC_0009
Pada tahun 2013 ini Asia Nanotech Camp diadakan di Hotel Yasmin Karawaci Tangerang Banten, Indonesia yang diselenggarakan oleh ANF Forum dengan Surya University selama 8 hari mulai tanggal 04 Oktober sampai 11 Oktober 2013. Asia Nanotech Camp 2013 ini diikuti oleh 12 Negara Asia Pasific yang tergabung dalam Asia Nano Forum. Negara-negara tersebut antara lain Australia, China, Hongkong, Indonesia, Iran, Japan, Korea, Malaysia, Singapore, Taiwan, Thailand, Vietnam.
Kegiatan dimulai pada hari pertama adalah registrasi peserta dan Welcoming Dinner untuk memperkenalkan diri masing-masing peserta yang menjadi perwakilan dari Negaranya dan juga pembagian grup untuk acara Group Presentation pada hari ke-6. Pada hari kedua diadalan Opening Ceremony yang dibuka oleh Hongfang JIN (ANF Executive), Prof. Yohanes Surya (Founder and President of Surya University), Prof. David Mendels (Program Advisor). Untuk selanjutnya setelah pembukaan dilanjutkan dengan kuliah umum selama 14 kali pertemuan dengan invited speakers dari beberapa Negara Asia. ANC tahun ini bertema “Responsibilty Development of Nanotechnology Products Enabling Sustainability” yang pada kuliah umum fokus pada 4 buah topik, yakni Design for Nano; Manufacturing Nano; Product Characterization, metrology and quality control and waste processing technology; Technopreneurship.
Kegiatan pada hari keenam semua peserta berkumpul bersama masing-masing grup yang telah dibagi sebelumnya untuk membicarakan produk apa yang bisa dikembangkan selanjutnya dengan Nanotechnology untuk selanjutnya dilakukan presentasi bagi masing-masing grup untuk menyampaikan produk yang telah didiskusikannya. Dan pada malam hari dilakukan Closing Ceremony oleh Srisetiowati Seiful (Chairman), Prof. David Mendels, Dr. Lerwen LIU (ANF Secretary).
Belum berhenti disini acara masih berlanjut walaupun Closing Ceremony sudah dilakukan, pada hari ketujuh semua peserta Asia Nanotech Camp 2013 mengikuti Jakarta Tour yang bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia, Jakarta pada khusunya kepada para perserta dari Negara luar Indonesia. Tour dimulai pagi hari menuju Monas (Monumen Nasional) yang selanjutnya menuju Museum Batik, disini semua peserta membatik di kain. Selanjutanya tour dilanjutkan ke Sarinah, disini para peserta bisa berbelanja buah tangan. Dan tour berakhir di Ancol untuk selanjutnya dinner di Restoran Bandar Jakarta. Pada hari kedelapan semua peserta kembali ke Negara masing-masing. Pertemuan yang singkat dengan teman-teman dari Negara luar selama satu minggu membuat rasa kekeluargaan tumbuh dan membekas serta tak akan terlupakan.

Penulis: Haposan Yoga Pradika Napitupulu